Jumat, 24 Desember 2010

Electronic Commerce (E-Commerce)

Jaringan Elektronik
Saat ini, banyak transaksi bisnis melalui berbagai jenis jaringan elektronik. Jaringan ini dapat berupa jaringan kecil dan besar, jaringan kecil hanya beberapa computer dan jaringan besar mencakup seluruh bumi. Jaringan elektronik itu sendiri adalah sekelompok computer yang dikoneksikan secara elektronik. Dengan koneksi tersebut memungkinkan perusahaan untuk secara nyaman merangkai data transaksi dan mendistribusikan informasi ke berbagai lokasi yang berjauhan.

LAN, MAN, WAN

Jaringan diklasifikasikan sesuai dengan cakupan rentang jaringan tersebut. Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang ada pada suatu lokasi tertentu, seperti suatu gedung. Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan yang ada dalam suatu kota tertentu atau area metropolitan. Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan computer yang mencakup minimal dua metropolitan. Dari sudut pandang, perbedaan utama antara ketiga tipe jaringan tersebut adalah tingkat arus data yang mengalir dalam jaringan tersebut. Terkait dengan teknologi perangkat keras, arus data akan lebih cepat mengalir melalui LAN dan akan paling lambat melalui MAN.

Internet dan Intranet
Internet merupakan jalur elektronik yang terdiri dari berbagai standard an protocol yang memungkinkan computer di lokasi manapun untuk saling berkomunikasi. Internet Address setiap computer atau pengguna internet membutuhkan IP (Internet protocol address) untuk berkomunikasi di internet. IP address terdiri dari serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. IP address diperoleh dari organisasi yang bernama interNIC. InterNIC mengelola dan mendistribusikan IP address ke masyarakat umum. Contoh IP address 206.49.158.2, karena IP address panjang dan sulit untuk diingat, maka diciptakan satu prosedur penggunaan nama yang mudah diingat. Sebagai contoh, www.gunadarma.ac.id, disebut nama domain. Nama domain dan IP address yang terkait disimpan dalam “Phone Books” diberbagai situs internet. Phone Book Elektronik ini disebut Domain Name Server (DNS).

Sedangkan intranet merupakan pengadopsian protocol dan teknologi bagi entitas untuk sarana komunikasi internal didalam LAN perusahaan. Hal ini menimbulkan Internet in-house, yang dikenal dengan Intranet. Salah satu variasi dari intranet adalah ekstranet. Ekstranet biasanya menghubungkan intranet perusahaan dengan intranet perusahaan dari luar.

Untuk masalah keamanan intranet pada dasarnya beresiko sebagai akibat dari kemungkinan informasi perusahaan yang sensitive terekspose kepada semua orang di internet. Dengan alasan ini perusahaan menggunakan kombinasi hardware dan software yang disebut Firewall untuk membatasi akses dari pihak luar.

Perdagangan di Internet
Teknologi Client-Server, Server adalah program system robot yang menjalankan beberapa computer secara konstan dan mengelola informasi yang dibutuhkan pengguna. Program pengguna computer yang mengakses dan tukar-menukar informasi dengan server disebut Klien. Ada berbagai jenis server di internet, seperti mail server, file server, web server dan server perdagangan.

Sistem Pembayaran Elektronik
• Sistem Pembayaran Tagihan Elektronik Tradisional
Pembayar mengirimkan intruksi elektronik ke bank pembayar, dirinci secara detail, untuk siapa yang akan dibayar, kapan pembayaran harus dilakukan dan berapa jumlah yang harus dibayar.

• Sistem Kartu Kredit Tradisional
Pembayar mengirim nomor kartu kredit ke server yang aman

• Sistem Secure Electronic Transaction (SET)
Protokol yang dibuat oleh MasterCard dan Visa sebagai sarana pembayaran elektronik bagi konsumen di internet.

• Sistem Kas Virtual
Adanya Kas Digital dibuat pada sebuah bank menyertakan tanda tangan digital pada suatu wesel, sebagai janji untuk membayar sejumlah uang dengan nominal tertentu, dengan mencantumkan (Nama , alamat, nilai uang, nomor seri, tanggal pembuatan wesel, tanggal kadaluarsa wesel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar