Jumat, 24 Desember 2010

Mengatasi Pesan “USB Device not recognized” dan “Please Insert Disk”

Pernahkah Anda melihat sebuah pesan singkat yang menyatakan bahwa penyimpanan USB Flash Drive Anda tidak terdeteksi (USB device not recognized) ketika USB Flash Drive terhubung pada port USB computer atau ada pesan yang meminta Anda untuk memasukkan ketempat penyimpanan data Anda (Please Insert Disk) padahal Anda yakin bahwa USB Flash Drive dalam kondisi baik (tidak terkena virus, tidak terjatuh, maupun terendam air). Lalu bagaimana cara mengatasi masalahnya?
Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menanganinya :
1. Jika Anda melakukan koneksi USB Flash Drive dengan menggunakan kabel konektor, periksa kabel tersebut apakah ada kabel yang terputus, tertindih sesuatu atau lainnya. Jika ternyata kabel konektor tersebut dalam keadaan baik/normal dan salah satu pesan diatas masih tampil, yang perlu anda lakukan mencabut kabel konektor tersebut dan lakukan koneksi langsung pada port USB yang terdapat pada main board computer.
2. Jika Anda sudah melakukan koneksi USB Flash Drive langsung pada port USB, masih mengalami hal yang sama, mungkin karena port USB yang kotor. Coba Anda bersihkan dahulu dengan kain lap halus kemudian koneksikan kembali. Jika masih tidak terdeteksi yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa Driver USB tersebut dengan cara melakukan repair atau instalasi ulang driver. Cara cepat untuk melakukan uninstall dan install driver USB flash drive.
3. Buka jendela device manager pada computer Anda dengan cara klik kanan pada My Computer, pilih Properties lalu pilih tab Hardware dan klik pada tombol Device Manager.
Selanjutnya, pilih menu Universal Serial Bus Controller, kemudian pilih USB Mass Storage Device (Sesuai drive USB Anda, karna bias jadi dalam menu ini terdapat lebih dari satu media removable yang terhubung dalam port USB computer). Klik kanan pada menu tersebut dan pilih opsi Uninstall.
Selanjutnya pada tampilan konfirmasi untuk melakukan aktifitas Uninstall driver, klik OK sebagai persetujuan.
Setelah proses uninstall driver berhasil yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan pada menu Universal Serial Bus Controller, kemudian pilih Scan For Hardware Changes yang difungsikan untuk mendeteksi ulang media removale yang terhubung dalam port USB computer.
4. Jika cara kedua diatas telah Anda lakukan tapi tidak membuahkan hasil coba periksa kembali pada setting BIOS Anda apakah settingan pada BIOS untuk USB atur Disable. Silahkan restart computer dan masuk ke dalam program BIOS (tekan tombol Del atau F2) kemudian atur setting pada BIOS untuk USB dengan status Enable dan coba kembali.

Selamat mencoba !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar