Sabtu, 05 Maret 2011

Dalam posting kali ini saya akan mencoba membahas latian 2-8 pada buku karangan John j.wild, dkk. Financial Statement Analysis Edisi 8 buku 1.

Latian 2-8

Laporan keuangan merupakan sumber utama informasi mengenai suatu perusahaan. Ramalan, laporan dan rekomendasi dari analisis merupakan sumber informasi alternative yang terkenal :
Diminta :
a.    Diskusikan kelebihan informasi laporan keuangan untuk para pengambil keputusan   usaha
b.    Diskusikan kelebihan informasi ramalan analisis untuk para pengambil keputusan usaha.
c.     Diskusikan bagaimana informasi pada (a) dan (b) saling terkait.     
.
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan diatas menurut pendapat saya pribadi. Disoal ditulis “pengambil keputusan”, pengambil keputusan dapat dibedakan menjadi dua pihak : pihak intern yaitu manajemen, owner, karyawan. Pihak ekstern : pemerintah, investor, kreditor. Laporan keuangan merupakan pertanggungjawab manajemen kepada pemilik atau pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan atas kepercayaan menjalankan kegiatan operasional perusahaan.
Ramalan laporan keuangan merupakan prediksi kejadian ekonomi yang akan terjadi dimasa akan datang, biasanya investor dalam membuat ramalan masa depan dibantu oleh perantara informasi yaitu analis. Apa yang menjadi inputan untuk membuat ramalan itu sendiri, input yang digunakan adalah pertama, laporan keuangan yang dihasilkan manajemen pada periode akuntansi yang bersangkutan, kedua, pengungkapan sukarela, maksudnya ungkapan yang berita penting mengenai perusahaan yang dilakukan oleh manager perusahaan tersebut pengungkapan manager ada yang bersifat merugikan dan menguntungkan. Ada beberapa alas an manager melakukan hal ini mungkin manager terdesak dengan tuntutan hukuman yang ditunjukan kepadanya, dll. Ketiga berita ekonomi, industry dan perusahaan. Berita ekonomi seperti tingkat bunga, pertukaran mata uang asing, dll. Berita industry seperti perubahan harga komoditi, pesaing, peraturan pemerintah. Informasi khusus mengenai perusahaan yaitu akuisisi, perubahan manager, perubahan auditor. Dari berbagai sumber analisis untuk membuat ramalan keuangan diharapkan dari sudut pihak ekstern, investor membuat keputusan yang tepat mengenai perusahaan mana yang akan ditanamankan modalnya apakah menerima atau menolak, dan investor mengharapkan feedback (umpan balik) dari dana yang di setorkan kepada pihak yang menerima. Dari pihak manajemen, membuat rencana kedepan untuk memajukan perusahaan tersebut, seperti menaikan laba sebesar 30% dari tahun sebelumnya, meningkatkan pangsa pasar dan volume produksi.
            Laporan keuangan sepenuhnya menjadi tangungjawab manajemen, informasi laporan keuangan digunakan untuk menilai kinerja manager dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan dan tercapai atau tidaknya rencana perusahaan yang telah tercantum dalam anggaran perusahaan. Selanjutnya bagi pihak ekstern dan direksi informasi laporan keuangan tersebut berguna apakah manager yang ada telah harus diganti atau tidak, bagi investor apakah akan mempertahankan/menjual/membeli, berdasarkan analisis dari informasi laporan keuangan tersebut. Bagi pemerintah , laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit oleh auditor independent. Untuk menetukan besaran pajak yang dipungut dari laba yang dihasilkan selama periode akuntansi.
            Apa hubungan keduanya, pada dasarnya pemakai informasi laporan keuangan ingin mendapati laporan keuangan yang relevan, andal dan dapat dibandingkan dan konsisten. Informasi dapat dikatakan relevan jika, “memiliki nilai prediksi” maksudnya dapat membantu pembuat keputusan memprediksi hasil dimasa depan, dan “memiliki nilai umpan balik”. Meskipun laporan keuangan tersebut semula hanya prediksi investor, sejauh ini laporan laba tidak jauh berbeda dengan hasil akhir.  Dikatakan “andal” jika disajikan dengan jujur dan netral. Dapat dibandingkan dan Konsisten merupakan kualitas sekunder atas informasi akuntansi. Konsisten memakai prosedur akuntansi yang tetap tiap periode akuntansi, jika berbeda dicantumkan jenis dan alasannya. Dapat dibandingkan dengan data-data yang ada (catatan akuntansinya). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar