Sabtu, 19 Maret 2011

Pertanyaan 1-13

Dalam postingan kali ini saya akan membahas pertanyaan dari buku Analisis Laporan Keuangan. Karangan K.R SUBRAMANYAM & JOHN J.WILD. Edisi 10.


Jelaskan mengapa laporan keuangan penting bagi proses pengambilan keputusan dalam analisis keuangan . identifiksasi dan diskusikan juga beberapa keterbatasan laporan keuangan untuk kepentingan analisis.
*** Laporan keuangan mencerminkan status keuangan, kondisi perusahaan atas kejadian-kejadian ekonomi selama periode akuntansi dan merupakan pertanggung jawaban manajemen kepada pihak terkait dengan perusahaan. Dari laporan keuangan yang dihasilkan oleh manajemen, kemudian dianalisis untuk memproses evaluasi prospek ekonomi dan resiko perusahaan yang akan terjadi. Dari analisis laporan keuangan ini dapat mengurangi ketergantungan pada firasat, tebakan dan intuisi dalam pengambilan keputusan, serta mengurangi ketidakpastian analisis bisnis. Karena kualitas analisis keuangan bergantung pada keandalan dan muatan ekonomis laporan keuangan. Analisis laporan keuangan melibatkan komponen Akuntansi, keuangan dan analisis prospektif.
            Analisis lingkungan bisnis dan strategi adalah menilai situasi perekonomian dan industrinya serta untuk menilai kekuatan dan kelemahan kompetitif perusahaan, beserta peluang dan ancaman.
            Analisis akuntansi mencerminkan realitas ekonomi dengan mempelajari transaksi dengan peristiwa perusahaan.
Keterbatasan akuntansi mempengaruhi kegunaan laporan keuangan itu sendiri, ada beberapa masalah : Masalah perbandingan terjadi ketika menerapkan akuntansi yang berbeda untuk transaksi dan peristiwa yang sama. Distorsi akuntansi merupakan penyimpangan informasi akuntansi dari peristiwa ekonomi. Hal ini disebabkan karena : kesalahan estimasi manajemen, memanipulasi dan mempercantik laporan keuangan, standar akuntansi itu sendiri.
            Analisis keuangan menilai kinerja keuangan dimasa depan, ada tiga dasar dalam analisis keuangan : analisis profitabilitas merupakan tingkat pengembalian investasi, analisis resiko merupakan kemampuan memenuhi komitmennya. Analisis sumber dan penggunaan dana.
            Analisis prospektif merupakan peramalan hasil dimasa depan, dilanjutkan dengan Valuasi yang mengubah ramalan hasil dimasa depan menjadi estimasi nilai perusahaan.
Laporan keuangan merupakan dasar dalam pengambilan keputusan yang diselanjutkan dianalisis untuk dapat di ambil tindakan-tindakan yang disertai dengan analisis-analisis yang disebutkan diatas. Agar pengambilan keputusan dapat mengambilkan keputusan yang tepat dan menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar